Investasi publik ‘adalah kunci untuk keluar dari krisis’

Investasi publik ‘adalah kunci untuk keluar dari krisis’

Investasi publik ‘adalah kunci untuk keluar dari krisis’

rasanehfarhang – Seorang mantan menteri keuangan AS mengatakan investasi publik akan menjadi kunci ketika dunia pulih dari dampak ekonomi dari krisis coronavirus.

Larry Summers mengatakan kepada BBC bahwa bank sentral akan menjadi “kurang relevan”, karena suku bunga akan mendekati nol untuk sebagian besar waktu.

“Kebijakan fiskal akan menjadi lebih penting dalam mendukung ekspansi ekonomi,” katanya.

“Dan kebijakan investasi publik akan memainkan peran yang lebih besar.”

Summers, yang sekarang menjadi penasihat ekonomi untuk kampanye kepresidenan Joe Biden, mengatakan kepada Radio 4 The World This Weekend program Radio bahwa “bagi mereka yang memiliki agenda seputar infrastruktur, ada peluang besar pada saat ini”.

Tanpa ragu, akan ada suara-suara saat ini yang meningkatkan peringatan akan bahaya politik dan implikasi pajak dari pertumbuhan intervensi negara, tetapi tidak ada ekonom The World This Weekend yang berbicara di antara mereka.

Gerard Lyons, kepala ekonom untuk Boris Johnson ketika dia menjadi Walikota London dan pendukung Brexit, mengatakan bahwa pengeluaran semacam itu terjangkau: “Jelas, ada kebutuhan pada tahap tertentu untuk menurunkan utang pemerintah, dalam hal ukuran ekonominya, seperti yang kita lakukan setelah Perang Dunia Kedua. Tetapi kuncinya adalah inflasi rendah, suku bunga rendah dan hasil rendah memungkinkan pemerintah untuk mempertahankan tingkat pinjaman yang jauh lebih tinggi setelah krisis ini. ”

Bagi sebagian orang di sebelah kiri, pengeluaran pemerintah yang tak terhindarkan – baik untuk manfaat maupun proyek-proyek penciptaan lapangan kerja besar – adalah sebuah peluang.

Prospek ini tentu saja menghibur pasar, dengan reli baru-baru ini di Wall Street.

Tetapi Profesor Mariana Mazzucato, Direktur Institut untuk Inovasi dan Tujuan Umum di University College London (UCL), mengatakan sangat penting bahwa setiap proyek pengeluaran publik fokus dengan baik.
Pemerintah memiliki ‘keunggulan’

“Jika kita terus sampai pada masalah begitu masalahnya muncul, maka dari satu krisis ke krisis lainnya – krisis keuangan, krisis iklim, krisis kesehatan – kita tidak akan keluar dari mode krisis konstan ini,” dia kata.

“Sebagian besar pemerintah saat ini melakukan di seluruh dunia, triliunan yang dilemparkan ke masalah secara global, benar-benar hanya mengoreksi masalah.”

Sebaliknya, katanya, kita harus “menyusun solusi jangka pendek dengan visi jangka panjang” tentang ekonomi seperti apa yang ingin kita ciptakan sesudahnya.

“Ini adalah saat bagi pemerintah untuk melakukan itu, karena itu di atas angin,” tambahnya.

Sebagian besar ekonom memperingatkan tentang fenomena yang mereka sebut “stagnasi sekuler” – kurangnya pertumbuhan jangka panjang.

Hal ini dapat menakuti konsumen dan investor, yang menyebabkan kurangnya investasi dan inovasi yang mengarah pada pengangguran dan kemiskinan yang lebih besar. Kepala penasihat ekonomi Allianz Mohamed El Erian mengatakan itu adalah bahaya yang harus dihindari.

“Anda perlu memenangkan perang melawan ancaman kesehatan dan Anda perlu memenangkan perang melawan depresi ekonomi, tetapi Anda juga perlu memenangkan kedamaian pertumbuhan yang berkelanjutan, tinggi dan inklusif … Saya khawatir bahwa kita pada akhirnya akan memenangkan perang, tetapi kita mungkin gagal memenangkan kedamaian, “katanya kepada BBC.

“Keputusan sulit harus dibuat sejak awal mengenai bagaimana Anda mengalokasikan tindakan bantuan yang Anda miliki … apa yang ditemukan beberapa negara berkembang adalah mereka tidak dapat memutar ulang buku pedoman yang telah digunakan di negara-negara kaya – mereka harus datang dengan sesuatu yang berbeda yang mengakui bahwa mereka ada di sana untuk jangka panjang. ”

Tepat waktu

Jauh sebelum krisis, gagasan tentang ekonomi yang terhubung secara global adalah, jika tidak berada di bawah ancaman, kemudian dipertanyakan – apakah itu menguntungkan sangat sedikit, sehingga merugikan jutaan orang?

Itu adalah salah satu tekanan di balik gelombang nasionalisme baru, dan dengan itu, pembicaraan tentang hambatan baru untuk melindungi ekonomi masing-masing negara terhadap persaingan asing.

Ekonom BBC berbicara dengan setuju akan ada satu perubahan besar dalam jalur pasokan setelah pandemi – “tepat pada waktunya” akan digantikan oleh “berjaga-jaga”.

Produsen akan membangun redundansi yang lebih besar dan berupaya membeli komponen-komponen vital yang lebih dekat dengan rumah, tetapi hambatan aktif terhadap perdagangan dunia adalah cerita yang berbeda.

Profesor Beata Javorcik adalah kepala ekonom di Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan. Dia mengatakan kekhawatiran besar adalah bahwa para pemimpin populis dapat menggunakan insiden pengiriman peralatan perlindungan pribadi (PPE) yang dihentikan di perbatasan untuk “mempromosikan lebih banyak proteksionisme”.

“Akan sangat mudah untuk menggunakan instrumen yang tersedia di bawah aturan Organisasi Perdagangan Dunia untuk memperkenalkan tarif terhadap impor bersubsidi … sehingga tanpa adanya komitmen global untuk perdagangan bebas, dunia mungkin hanya berjalan menuju proteksionisme,” katanya.

Bahkan pikiran yang paling tajam hanya dapat memprediksi garis besar dunia baru, tetapi tidak dapat dihindari perubahan ini akan membawa reaksi politik.

Masa depan tidak ditulis dalam batu atau bintang-bintang, juga tidak dapat sepenuhnya dilihat dengan mengintip statistik dan grafik. Itu sebagian besar karena itu tergantung pada pilihan yang belum dibuat oleh pemilih dan pemerintah, investor dan perusahaan.

Klise lama berjalan “tidak pernah menyia-nyiakan krisis yang baik” dan tentu saja, banyak dari pusat kiri berharap bahwa hasil akhir dari pandemi ini mungkin memiliki, di mata mereka, beberapa konsekuensi positif, dari kerjasama yang lebih internasional hingga dukungan pemerintah yang lebih besar untuk program domestik mereka mendukung, seperti perawatan kesehatan dan pelatihan ulang.

Tetapi meningkatnya kemiskinan di seluruh dunia, dengan sedikit prospek pembalikan cepat dari spiral ke bawah, adalah latar belakang yang gelap ketika abad kita memasuki usia dua puluhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *